40 Contoh Soal Teks Tantangan & Jawabannya [ LENGKAP ]
Table of Contents
Teks tantangan adalah
teks yang berisi tentang informasi yang memuat bantahan terhadap suatu
hal yang kontroversial dan sedang berkembang di masyarakat. Teks ini
dilengkapi dengan argumen dan data-data yang dapat memperkuat bantahan
tersebut. Teks tantangan biasanya ada dan menjadi penyangga dalam sebuah
debat.
Perhatikan kutipan teks tersebut!
Kebijakan Mobil Murah
Pemerintah
dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah.
Mobil ini, rencananya, akan dioperasionalkan di wilayah pedesaan. Di
samping murah, mobil ini dirancang ramah lingkungan. Supaya bisa
berjalan dengan baik, pemerintah akan memberikan insentif pajak bagi
pembeli mobil yang ramah lingkungan.
Sejumlah
kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah
dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak tepat
sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota. Kritik
terhadap kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan itu disampaikan
dalam bedah buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta karya A.M Fatwa di
MerDesa Institut, Jakarta Pusat, Rabu, 2 April 2014. Buku itu bersumber
dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Kesinambungan
Infrastruktur dan Moda Transportasi” yang digelar pada Desember 2013.
Pada
contoh teks di atas, isu yang disampaikan adalah isu mengenai kebijakan
mobil murah. Dapat kita lihat jika pada awal teks dijelaskan terlebih
dahulu apa yang menjadi masalah atau isu apa yang akan dibahas. Nah,
selanjutnya barulah disebutkan argumen penentang dari isu tersebut.
Jadi, dalam mengungkapkan sebuah ketidak-setujuan haruslah diikuti
dengan alasan,
- Isu atau masalah, merupakan bagian yang berisi tentang topik yang akan dibantah, biasanya isu atau masalah ini berisi tentang hal-hal kontroversial yang berkembang di masyarakat atau media massa.
Contoh: Pemerintah dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan pengadaan mobil murah.
- Argumen, struktur teks yang berisi rangkaian bukti dan alasan yang berfungsi untuk mendukung bantahan.
Contoh: Sejumlah
kalangan meminta pemerintah mencabut insentif pajak untuk mobil murah
dan ramah lingkungan. Alasannya, kebijakan itu dinilai tidak tepat
sasaran dan akan memperparah kemacetan lalu lintas di ibu kota.
- Simpulan, berisi pernyataan yang menegaskan bantahan.
Contoh: Kritik
terhadap kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan itu disampaikan
dalam bedah buku Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta karya A.M Fatwa di
MerDesa Institut, Jakarta Pusat, Rabu, 2 April 2014. Buku itu bersumber
dari seminar “Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta serta Kesinambungan
Infrastruktur dan Moda Transportasi” yang digelar pada Desember 2013.
Contoh Soal Teks Tantangan dan Kunci Jawabannya
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D!
Bacalah bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Meskipun demikian, kelompok masyarakat yang kontra penurunan subsidi BBM mempunyai argumentasi lain. Penurunan subsidi yang diikuti kenaikan harga BBM memicu inflasi (barang dan jasa mahal). Kondisi ini menjadikan daya beli masyarakat turun, khususnya masyarakat miskin. Akhirnya, jumlah penduduk kategori miskin akan bertambah.
Kenaikan harga BBM dan inflasi akan menyebabkan permintaan domestik menurun sehingga melemahkan produksi. Penurunan produksi di berbagai sektor ekonomi akan meningkatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatkan pengangguran. Ringkasnya, kelompok kontra berpendapat kenaikan harga BBM menyebabkan inflasi. Kemiskinan serta pengangguran lebih tinggi.
1. Cuplikan teks tantangan di atas merupakan bagian...
A. Isu
B. Argumen mendukung
C. Argumen menentang
D. Kesimpulan
2. Berdasarkan cuplikan teks tersebut yang menjadi kalimat penolakan secara bersirat adalah...
A. Kenaikan harga BBM dan inflasi akan menyebabkan permintaan domestik menurun sehingga melemahkan produksi.
B. Akhirnya, jumlah penduduk kategori miskin akan bertambah.
C. Penurunan produksi di berbagai sektor ekonomi akan meningkatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatkan pengangguran.
D. Kelompok masyarakat yang kontra penurunan subsidi BBM mempunyai argumentasi lain.
Bacalah bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Meskipun demikian, kelompok masyarakat yang kontra penurunan subsidi BBM mempunyai argumentasi lain. Penurunan subsidi yang diikuti kenaikan harga BBM memicu inflasi (barang dan jasa mahal). Kondisi ini menjadikan daya beli masyarakat turun, khususnya masyarakat miskin. Akhirnya, jumlah penduduk kategori miskin akan bertambah.
Kenaikan harga BBM dan inflasi akan menyebabkan permintaan domestik menurun sehingga melemahkan produksi. Penurunan produksi di berbagai sektor ekonomi akan meningkatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatkan pengangguran. Ringkasnya, kelompok kontra berpendapat kenaikan harga BBM menyebabkan inflasi. Kemiskinan serta pengangguran lebih tinggi.
1. Cuplikan teks tantangan di atas merupakan bagian...
A. Isu
B. Argumen mendukung
C. Argumen menentang
D. Kesimpulan
2. Berdasarkan cuplikan teks tersebut yang menjadi kalimat penolakan secara bersirat adalah...
A. Kenaikan harga BBM dan inflasi akan menyebabkan permintaan domestik menurun sehingga melemahkan produksi.
B. Akhirnya, jumlah penduduk kategori miskin akan bertambah.
C. Penurunan produksi di berbagai sektor ekonomi akan meningkatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatkan pengangguran.
D. Kelompok masyarakat yang kontra penurunan subsidi BBM mempunyai argumentasi lain.
3. Kata ini yang dicetak miring dalam cuplikan teks tersebut merujuk pada kata…
A. Inflasi
B. BBM
C. PHK
D. Produksi
4. Kalimat yang bercetak tebal dalam cuplikan teks tersebut merupakan kalimat...
A. kalimat simpleks
B. kalimat pertanyaan
C. kalimat pernyataan
D. kalimat tak langsung
5. Perbedaan antara teks tantangan dengan teks diskusi adalah...
a. Teks tantangan memiliki struktur isu, sedangkan diskusi tidak
b. Teks tantangan memiliki struktur argumen sedangkan diskusi tidak
c. Teks tantangan memiliki argumen menentang sedangkan diskusi memiliki argumen mendukung dan menentang
d. Teks tantangan tidak memiliki struktur kesimpulan sedangkan teks diskusi memiliki struktur kesimpulan.
6. Berikut adalah bagian-bagian dari struktur teks tantangan, kecuali …
a. Simpulan
b. Argumen menentang
c. Argumen mendukung
d. Isu / masalah
7. Teks tantangan adalah jenis teks yang …
a. diperluas c. memiliki struktur abstrak
b. dapat disanggah/ditentang d. berbentuk cerita
8. Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan adalah …
a. memiliki isu/masalah
b. memiliki struktur teks
c. terdapat pesan/amanat
d. terdapat kalimat sanggahan
c. Teks tantangan memiliki argumen menentang sedangkan diskusi memiliki argumen mendukung dan menentang
d. Teks tantangan tidak memiliki struktur kesimpulan sedangkan teks diskusi memiliki struktur kesimpulan.
6. Berikut adalah bagian-bagian dari struktur teks tantangan, kecuali …
a. Simpulan
b. Argumen menentang
c. Argumen mendukung
d. Isu / masalah
7. Teks tantangan adalah jenis teks yang …
a. diperluas c. memiliki struktur abstrak
b. dapat disanggah/ditentang d. berbentuk cerita
8. Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan adalah …
a. memiliki isu/masalah
b. memiliki struktur teks
c. terdapat pesan/amanat
d. terdapat kalimat sanggahan
Daftar Artikel Lainnya:
- 8+ Contoh Teks Diskusi Pergaulan Bebas, Lingkungan, Kesehatan, Pendidikan beserta Strukturnya
- Contoh Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, Unsur, Jenis/Macam [ LENGKAP ]
- 30+ Contoh Paragraf Campuran Meliputi Pengertian, Ciri, Dan Jenisnya [ LENGKAP ]
- 50+ Contoh Paragraf Induktif, Deduktif, & Campuran Singkat (TERLENGKAP)
Bacalah ilustrasi teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 9 sampai 13!
Kebijakan memakai sepatu vantofel untuk siswa SMP menuai pro dan kontra. Kebijakan ini sudah di terapkan oleh sebagian SMPN di Surabaya. Mereka mewajibkan siswa-siswinya untuk memakai sepatu vantofel. Alasan sekolah yang menerapkan kebijakan ini adalah agar sepatu para siswanya seragam.
Kebijakan memakai sepatu vantofel untuk siswa SMP menuai pro dan kontra. Kebijakan ini sudah di terapkan oleh sebagian SMPN di Surabaya. Mereka mewajibkan siswa-siswinya untuk memakai sepatu vantofel. Alasan sekolah yang menerapkan kebijakan ini adalah agar sepatu para siswanya seragam.
Sepatu vantofel biasanya dipakai oleh orang kantoran, jadi jika dipakai oleh siswa SMP cenderung terlihat tidak pantas. Semestinya sekolah memikirkan kembali sebelum menerapkan kebijakan ini kepada para siswanya.
9. Isu apa yang disampaikan di dalam teks tersebut?
A. Siswa SMP cenderung tidak pantas jika memakai sepatu vantofel
B. Semestinya sekolah perlu memikirkan kembali untuk menerapkan kebijakan ini kepada para siswanya
C. Kebijakan memakai sepatu vantofel
D. Alasan sekolah yang menerapkan kebijkan ini adalah agar sepatu para siswanya seragam
10. Pada paragraf ke berapa penulis menyampaikan sanggahannya tentang kebijakan memakai sepatu vantofel untuk siswa SMP?
A. Paragraf pertama
B. Paragraf kedua
C. Paragraf pertama dan kedua
D. Paragraf kedua dan pertama
11. Mengapa penulis menyanggah anggapan tentang kebijakan memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP?
A. Siswa cenderung terlihat seperti orang kantoran
B. Siswa cenderung terlihat tidak pantas
C. Kebijakan memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP menuai pro dan kontra
D. Sekolah hendaknya memikirkan kebijakan ini sebelum menerapkannya pada siswa
12. Apa yang mestinya di pertimbangkan sekolah untuk menerapkan kebijakan memakai sepatu vantofel pada siswanya?
A. Siswa cenderung terlihat seperti orang kantoran
B. Dampak positif dan negatifnya
C. Supaya sepatu para siswanya seragam
D. Pro dan kontra dari para wali murid
13. Apa simpulan dari teks tersebut?
A. Pro dan kontra mengenai kebijakan memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP
B. Kebijakan memakai sepatu vantofel tidak semestinya diterapkan kepada siswa SMP
C. Kewajiban memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP di seluruh Surabaya
D. Dampak positif dan negatif dari kebijakan memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP
14. Bacalah ilustrasi teks di bwah ini dengan saksama!
Saat ini hp (handphone) sudah digunakan di kalangan masyarakat Indonesia tak terkecuali anak-anak. Banyak anak yang berani membawa hp ke sekolah, padahal sekolah melarang hal itu. Sekolah memberi larangan membawa hp beserta alasan yang disertai bukti. Tak jarang guru memergoki muridnya sedang asik bermain hp saat pelajaran berlangsung.
Menurut berbagai kalangan, munculnya larangan membawa hp ke sekolah tidak tepat untuk kurikulum 2013 yang sedang dijalani. Karena siswa perlu media referensi mengenai pelajaran yang sedang dipelajari, misalnya mengunjungi situs belajar materibindo.com. Tak jarang banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk selalu membawa hp dengan alasan komunikasi dan berjaga-jaga jika ada hal yang terjadi diluar dugaan.
Sehingga sebagai solusi, pihak sekolah diminta untuk memikirkan kembali mengenai kebijakan larangan membawa hp di sekolah. Pihak sekolah harus mempertimbangkan secara detail dampak positif dan negatif dari larangan tersebut karena pendidikan adalah hal yang diutamakan.
Apa simpulan dari teks diatas?
A. Handphone merupakan media siswa dalam kegiatan belajar
B. Larangan membawa handphone di sekolah
C. Kebijakan larangan membawa handphone ke sekolah
D. Solusi pihak sekolah dalam menerapkan kebijakan larangan membawa handphone ke sekolah pada siswanya
Latihan Soal
Bacalah
ilustrasi teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 15 sampai 19!
Kebijakan memakai sepatu vantofel
untuk siswa SMP menuai pro dan kontra. Kebijakan ini sudah di terapkan oleh
sebagian SMPN di Surabaya. Mereka mewajibkan siswa-siswinya untuk memakai
sepatu vantofel. Alasan sekolah yang menerapkan kebijakan ini adalah agar
sepatu para siswanya seragam.
Sepatu vantofel biasanya dipakai
oleh orang kantoran, jadi jika dipakai oleh siswa SMP cenderung terlihat tidak
pantas. Semestinya sekolah memikirkan kembali sebelum menerapkan kebijakan ini
kepada para siswanya.
15. Isu apa yang disampaikan di dalam
teks tersebut?
A. Siswa SMP cenderung tidak pantas jika
memakai sepatu vantofel
B. Semestinya sekolah perlu memikirkan
kembali untuk menerapkan kebijakan ini kepada para siswanya
C. Kebijakan memakai sepatu vantofel
D. Alasan sekolah yang menerapkan
kebijkan ini adalah agar sepatu para siswanya seragam
16. Pada paragraf ke berapa penulis
menyampaikan sanggahannya tentang kebijakan memakai sepatu vantofel untuk siswa
SMP?
A. Paragraf pertama
B. Paragraf kedua
C. Paragraf pertama dan kedua
D. Paragraf kedua dan pertama
17. Mengapa penulis menyanggah anggapan
tentang kebijakan memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP?
A. Siswa cenderung terlihat seperti
orang kantoran
B. Siswa cenderung terlihat tidak pantas
C. Kebijakan memakai sepatu vantofel
bagi siswa SMP menuai pro dan kontra
D. Sekolah hendaknya memikirkan
kebijakan ini sebelum menerapkannya pada siswa
18. Apa yang mestinya di pertimbangkan
sekolah untuk menerapkan kebijakan memakai sepatu vantofel pada siswanya?
A. Siswa cenderung terlihat seperti
orang kantoran
B. Dampak positif dan negatifnya
C. Supaya sepatu para siswanya seragam
D. Pro dan kontra dari para wali murid
19. Apa simpulan dari teks tersebut?
A. Pro dan kontra mengenai kebijakan
memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP
B. Kebijakan memakai sepatu vantofel
tidak semestinya diterapkan kepada siswa SMP
C. Kewajiban memakai sepatu vantofel
bagi siswa SMP di seluruh Surabaya
D. Dampak positif dan negatif dari
kebijakan memakai sepatu vantofel bagi siswa SMP
20. Bacalah ilustrasi teks di bwah ini
dengan saksama!
Saat ini hp
(handphone) sudah digunakan di kalangan masyarakat Indonesia tak terkecuali
anak-anak. Banyak anak yang berani membawa hp ke sekolah, padahal sekolah
melarang hal itu. Sekolah memberi larangan membawa hp beserta alasan yang
disertai bukti. Tak jarang guru memergoki muridnya sedang asik bermain hp saat
pelajaran berlangsung.
Menurut berbagai
kalangan, munculnya larangan membawa hp ke sekolah tidak tepat untuk kurikulum
2013 yang sedang dijalani. Karena siswa perlu media referensi mengenai
pelajaran yang sedang dipelajari, misalnya mengunjungi situs belajar Ilmuips.my.id. Tak jarang
banyak orang tua yang menyuruh anaknya untuk selalu membawa hp dengan alasan
komunikasi dan berjaga-jaga jika ada hal yang terjadi diluar dugaan.
Sehingga sebagai
solusi, pihak sekolah diminta untuk memikirkan kembali mengenai kebijakan
larangan membawa hp di sekolah. Pihak sekolah harus mempertimbangkan secara
detail dampak positif dan negatif dari larangan tersebut karena pendidikan
adalah hal yang diutamakan.
Apa simpulan dari teks diatas?
A. Handphone merupakan media siswa dalam
kegiatan belajar
B. Larangan membawa handphone di sekolah
C. Kebijakan larangan membawa handphone
ke sekolah
D. Solusi pihak sekolah dalam menerapkan
kebijakan larangan membawa handphone ke sekolah pada siswanya
21. Perhatikan teks berikut dengan
saksama!
Beberapa bulan kedepan Jakarta yang
merupakan ibu kota Indonesia akan memilih wakil rakyat yaitu pemilihan Gubernur
baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang akan habis beberapa
bulan kedepan. Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan
sangat panas lantaran akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan
juga Independent.
Menurut unsur kebahasaannya, paragraf diatas bersifat.....
A. Deklaratif
B. Argumentatif
C. Deskriptif
D. Persuatif
22. Susunlah teks tantangan dibawah ini!
I.
Selain untuk komunikasi, handphone bisa digunakan untuk
mencari informasi dari internet. Informasi tersebut tentu saja informasi yang
bermanfaat dalam bidang pendidikan atau untuk meningkatkan kualitas pekerjaan.
Apabila anda melihat orang menggunakan handphone hanya
untuk bermain game atau hanya menggunakan media sosial saja, itu berarti orang
tersebut belum paham benar tentang manfaat dari handphone. Handphone yang seharusnya bisa
menjadi sarana yang menguntungkan untuk membantunya dalam memperoleh informasi
yang dibutuhkan, justru menjadi momok yang menakutkan untuk mengurangi kualitas
diri pribadi individu.
II.
Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang
saat ini sedang menjadi tren untuk dimiliki oleh setiap orang. Salah satu
gadget yang saat ini sering digunakan oleh manusia, yaitu handphone. Handphone merupakan salah satu alat
komunikasi yang digunakan untuk menghubungi orang lain dengan menggunakan
pesawat telepon yang dapat di bawa kemana mana. Banyak yang berpendapat bahwa handphone dapat memberikan kerugian
bagi banyak pihak. Hal tersebut disebabkan orang yang sudah menggunakan handphone akan menjadi lupa akan
waktu, dan menghabiskan kegiatannya hanya untuk bermain handphone, baik untuk
bermain game maupun untuk kegiatan lain.
III.
Namun, penilaian di atas tidak sepenuhnya benar. Handphone
sebagai salah satu alat komunikasi dapat membantu menghubungkan individu yang
letaknya berjauhan dengan individu yang lainnya. Jika, dulu kita selalu
menggunakan surat untuk mengetahui kondisi atau kabar saudara maupun teman kita
yang letaknya sangat berjauhan dengan kita. Sekarang penggunaan handphone
dapat membantu dalam mengatasi kondisi tersebut. Handphone dipandang
lebih efektif dan efisien untuk mengetahui kondisi atau kabar atau untuk
berkomunikasi dengan orang lain. Orang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk
memperoleh informasi.
A. III-II-I
B. II-III-I
C. II-I-III
D. III-I-II
23. Apa struktur dari teks tantangan?
A. Isu-Simpulan-Argumen(Menentang)
B. Argumen (menentang)-Isu-Simpulan
C. Isu-Argumen (menentang)-Simpulan
D. Evaluasi-Deskripsi teks-Penegasan
ulang
24. Apa ciri dari kalimat sanggahan?
A. Ditandai dengan pilihan kata kurang
sependapat, perlu ditinjau kembali,belum selesai
B. Ditandai dengan pilihan kata tidak
setuju, kurang setuju, tidak sependapat, menolak
C. Biasanya diberi tanda titik pada
akhir bagian
D. Biasanya diberi tanda koma pada
tengah bagian
25. Saya tidak setuju, saya tidak sependapat, tidak seperti itu akan tetapi seperti ini.
Kalimat tersebut jika berada dalam sebuah teks tantangan berada dalam struktur....
- Isu
- Argumen
- Simpulan
- Penutup
Jawaban : A
Pembahasan :
Argumen adalah struktur teks yang berisi rangkaian bukti atau alasan
yang berfungsi untuk mendukung bantahan. Kalimat tersebut jika berada
dala, sebuah teks tantangan akan ditempatkan dalam struktur argumen yang
berupa sanggahan.
26 Perhatikan teks berikut dengan saksama!
Beberapa bulan kedepan Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia akan memilih wakil rakyat yaitu pemilihan Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang akan habis beberapa bulan kedepan. Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas lantaran akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent.
Menurut unsur kebahasaannya, paragraf diatas bersifat.....
A. Deklaratif
B. Argumentatif
C. Deskriptif
D. Persuatif
Beberapa bulan kedepan Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia akan memilih wakil rakyat yaitu pemilihan Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang akan habis beberapa bulan kedepan. Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas lantaran akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent.
Menurut unsur kebahasaannya, paragraf diatas bersifat.....
A. Deklaratif
B. Argumentatif
C. Deskriptif
D. Persuatif
27. Apa struktur dari teks tantangan?
A. Isu-Simpulan-Argumen(Menentang)
B. Argumen (menentang)-Isu-Simpulan
C. Isu-Argumen (menentang)-Simpulan
D. Evaluasi-Deskripsi teks-Penegasan ulang
28. Apa ciri dari kalimat sanggahan?
A. Ditandai dengan pilihan kata kurang sependapat, perlu ditinjau kembali,belum selesai
B. Ditandai dengan pilihan kata tidak setuju, kurang setuju, tidak sependapat, menolak
C. Biasanya diberi tanda titik pada akhir bagian
D. Biasanya diberi tanda koma pada tengah bagian
29. Saya tidak setuju, saya tidak sependapat, tidak seperti itu akan tetapi seperti ini.
Kalimat tersebut jika berada dalam sebuah teks tantangan berada dalam struktur....
A. Isu
B. Argumen
C. Simpulan
D. Penutup
30 .Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.
Teks 2
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang outke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau
di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
a. Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.
b. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
c. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
d. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
31 . bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Rasanya sudah lama benar aku tertidur. Punggungku pegal-pegal karena lama terbaring. Aku terbangun mendengar kicau burung di pohon. Rasanya baru kali itulah aku sadar bahwa suara burung amat merdu. Akan tetapi, tak lama-lama aku berbaring mendengarkan bunyi yang mengagumkan hatiku itu. Dengan cepat aku berdiri dan meninggalkan rumah yang sekian lama menjadi tempat aku disekap.
Teks II
“Krriing...!” Telepon di rumah Aris berdering. Ibu mengangkatnya dan berkata, “Halooo...oh, mau berbicara dengan Aris? Sebentar ya. Dari mana?” Kemudian ibu masuk ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja belajar. “Telepon dari Rudi, Ris” kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan kurang senang.
Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I menggambarkan aksi, teks II mengawali dengan problema tokoh.
B. Teks I menggambarkan garis besar masalah, teks II menyajikan lokasi cerita
C. Teks I mengawali dengan problema tokoh, teks II mengawalinya dengan garis besar masalah.
D. Teks I menyajikan permasalahan, teks II menggambarkan aksi.
32.Bacalah kalimat berikut!
Anak itu tidak suka berbohong, ia selalu menepati janji.
Sinonim dari kata yang bergaris miring pada kalimat di atas adalah ...
A. berpaling
B. berdusta
C. lalai
D. terus terang
33. Perhatikan kalimat berikut!
Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu.
Kalimat berikut yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah ....
a. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju
b. Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu
c. Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal
d. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama
34. Perhatikan fakta berikut!
· Pemberlakuan larangan parkir di jalan protokol
· Tiga puluh pengendara mobil melanggar
· Dilakukan penggembokan ban kendaraan
Teks yang sesuai denga fakta tersebut adalah ...
A. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan. Kenyataanya, banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok.
B. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan di mana-mana. Namun, masih banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok petugas.
C. Larangan parkir di sepanjang jalan protokol diberlakukan. Akan tetapi, tiga puluh pengendara mobil masih melanggar. Petugas kemudian melakukan penggembokan ban kendaraan yang parkir di jalan protokol itu.
D. Walaupunada larangan parkir, para pengendara mobil masih melanggarnya. Petugas kemudian menggembok ban mobil mereka.
35. Cermati kalimat berikut ini!
Dalam prakteknya kemacetan kredit sering terjadi karena faktor eksternal dan hal itu merupakan resiko suatu bank.
Penulisan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. praktik, eksternal, risiko
B. peraktik, eksternel, risiko
C. peraktik, eksternal, resiko
D. praktik, eksternel, resiko
Kalimat tersebut jika berada dalam sebuah teks tantangan berada dalam struktur....
A. Isu
B. Argumen
C. Simpulan
D. Penutup
30 .Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.
Teks 2
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang outke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau
di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
a. Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.
b. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
c. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
d. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
31 . bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Rasanya sudah lama benar aku tertidur. Punggungku pegal-pegal karena lama terbaring. Aku terbangun mendengar kicau burung di pohon. Rasanya baru kali itulah aku sadar bahwa suara burung amat merdu. Akan tetapi, tak lama-lama aku berbaring mendengarkan bunyi yang mengagumkan hatiku itu. Dengan cepat aku berdiri dan meninggalkan rumah yang sekian lama menjadi tempat aku disekap.
Teks II
“Krriing...!” Telepon di rumah Aris berdering. Ibu mengangkatnya dan berkata, “Halooo...oh, mau berbicara dengan Aris? Sebentar ya. Dari mana?” Kemudian ibu masuk ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja belajar. “Telepon dari Rudi, Ris” kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan kurang senang.
Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ...
A. Teks I menggambarkan aksi, teks II mengawali dengan problema tokoh.
B. Teks I menggambarkan garis besar masalah, teks II menyajikan lokasi cerita
C. Teks I mengawali dengan problema tokoh, teks II mengawalinya dengan garis besar masalah.
D. Teks I menyajikan permasalahan, teks II menggambarkan aksi.
32.Bacalah kalimat berikut!
Anak itu tidak suka berbohong, ia selalu menepati janji.
Sinonim dari kata yang bergaris miring pada kalimat di atas adalah ...
A. berpaling
B. berdusta
C. lalai
D. terus terang
33. Perhatikan kalimat berikut!
Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu.
Kalimat berikut yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah ....
a. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju
b. Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu
c. Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal
d. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama
34. Perhatikan fakta berikut!
· Pemberlakuan larangan parkir di jalan protokol
· Tiga puluh pengendara mobil melanggar
· Dilakukan penggembokan ban kendaraan
Teks yang sesuai denga fakta tersebut adalah ...
A. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan. Kenyataanya, banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok.
B. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan di mana-mana. Namun, masih banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok petugas.
C. Larangan parkir di sepanjang jalan protokol diberlakukan. Akan tetapi, tiga puluh pengendara mobil masih melanggar. Petugas kemudian melakukan penggembokan ban kendaraan yang parkir di jalan protokol itu.
D. Walaupunada larangan parkir, para pengendara mobil masih melanggarnya. Petugas kemudian menggembok ban mobil mereka.
35. Cermati kalimat berikut ini!
Dalam prakteknya kemacetan kredit sering terjadi karena faktor eksternal dan hal itu merupakan resiko suatu bank.
Penulisan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring dalam kutipan tersebut adalah ....
A. praktik, eksternal, risiko
B. peraktik, eksternel, risiko
C. peraktik, eksternal, resiko
D. praktik, eksternel, resiko
35.Bacalah kedua
teks berikut!
Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.
Teks 2
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang outke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau
di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.
Pembahasan:
Pada Teks 1 menggunakan kata baku, sedangkan pada Teks II menggunakan bahasa tidak baku seperti pada kata iseng, aja, kegalauannya, dan hang out.
Teks 1
Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai
melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan.
Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang outke cafe di sekitar kota Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau
di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks
tersebut adalah ....
a. Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.
b. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
c. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
d. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
Jawaban: Ba. Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.
b. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.
c. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.
d. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.
Pembahasan:
Pada Teks 1 menggunakan kata baku, sedangkan pada Teks II menggunakan bahasa tidak baku seperti pada kata iseng, aja, kegalauannya, dan hang out.
MEMBANDINGKAN
POLA PENEMBANGAN TEKS TANTANGAN
36. bacalah kedua
teks berikut!
Teks I
Rasanya sudah lama benar aku tertidur. Punggungku pegal-pegal karena lama terbaring. Aku terbangun mendengar kicau burung di pohon. Rasanya baru kali itulah aku sadar bahwa suara burung amat merdu. Akan tetapi, tak lama-lama aku berbaring mendengarkan bunyi yang mengagumkan hatiku itu. Dengan cepat aku berdiri dan meninggalkan rumah yang sekian lama menjadi tempat aku disekap.
A. Teks I menggambarkan aksi, teks II mengawali dengan problema tokoh.
B. Teks I menggambarkan garis besar masalah, teks II menyajikan lokasi cerita
C. Teks I mengawali dengan problema tokoh, teks II mengawalinya dengan garis besar masalah.
D. Teks I menyajikan permasalahan, teks II menggambarkan aksi.
Teks I
Rasanya sudah lama benar aku tertidur. Punggungku pegal-pegal karena lama terbaring. Aku terbangun mendengar kicau burung di pohon. Rasanya baru kali itulah aku sadar bahwa suara burung amat merdu. Akan tetapi, tak lama-lama aku berbaring mendengarkan bunyi yang mengagumkan hatiku itu. Dengan cepat aku berdiri dan meninggalkan rumah yang sekian lama menjadi tempat aku disekap.
Teks II
“Krriing...!” Telepon di rumah Aris berdering. Ibu mengangkatnya dan berkata, “Halooo...oh, mau berbicara dengan Aris? Sebentar ya. Dari mana?” Kemudian ibu masuk ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja belajar. “Telepon dari Rudi, Ris” kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan kurang senang.
Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut adalah ...“Krriing...!” Telepon di rumah Aris berdering. Ibu mengangkatnya dan berkata, “Halooo...oh, mau berbicara dengan Aris? Sebentar ya. Dari mana?” Kemudian ibu masuk ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja belajar. “Telepon dari Rudi, Ris” kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan kurang senang.
A. Teks I menggambarkan aksi, teks II mengawali dengan problema tokoh.
B. Teks I menggambarkan garis besar masalah, teks II menyajikan lokasi cerita
C. Teks I mengawali dengan problema tokoh, teks II mengawalinya dengan garis besar masalah.
D. Teks I menyajikan permasalahan, teks II menggambarkan aksi.
Jawaban :D
Pembahasan: Teks
I menyajikan masalah ditandai kalimat yang berbunyi “Dengan cepat aku berdiri
dan meninggalkan rumah yang sekian lama menjadi tempat aku disekap.”Sedangkan
teks II menggambarkan aksi ditandai kalimat yang berbunyi” Kemudian ibu masuk
ke kamar Aris. Aris sedang belajar di meja belajar. “Telepon dari Rudi, Ris”
kata ibu. Aris menoleh wajahnya dengan kurang senang.
MEMVARIASIKAN
KATA
37.Bacalah
kalimat berikut!
Anak itu tidak suka berbohong, ia selalu menepati janji.
Sinonim dari kata yang bergaris miring pada
kalimat di atas adalah ...
A. berpaling
B. berdusta
C. lalai
D. terus terang
Anak itu tidak suka berbohong, ia selalu menepati janji.
A. berpaling
B. berdusta
C. lalai
D. terus terang
Jawaban:B
Pembahasan:karena
berdusta adalah berkata yang tidak sesuai kenyataan atau sama saja berbohong .
MEMVARIASIKAN KALIMAT
38.Perhatikan
kalimat berikut!
Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu.
Kalimat berikut yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah ....
a. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju
b. Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu
c. Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal
d. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama
Jawab: A
Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu.
Kalimat berikut yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah ....
a. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju
b. Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu
c. Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal
d. Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama
Jawab: A
Pembahasan:
Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu (S – P – O)
Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju (S – P – O)
Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu (P – O – S)
Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal (S – O – P)
Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama (S – P – O – K)
Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu (S – P – O)
Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju (S – P – O)
Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu (P – O – S)
Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal (S – O – P)
Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama (S – P – O – K)
MENULIS
DENGAN ILUSTRASI
39.Perhatikan
fakta berikut!
·
Pemberlakuan larangan parkir di jalan protokol
·
Tiga puluh pengendara mobil melanggar
·
Dilakukan penggembokan ban kendaraan
Teks yang sesuai denga fakta
D. Walaupunada larangan parkir, para pengendara mobil masih melanggarnya. Petugas kemudian menggembok ban mobil mereka.
tersebut
adalah ...
A. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan. Kenyataanya, banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok.
A. Larangan parkir di jalan protokol diberlakukan. Kenyataanya, banyak pengendara yang melanggar. Ban kendaraan mereka akhirnya digembok.
B. Larangan parkir di jalan protokol
diberlakukan di mana-mana. Namun, masih banyak pengendara yang melanggar. Ban
kendaraan mereka akhirnya digembok petugas.
C.
Larangan parkir di sepanjang jalan protokol diberlakukan. Akan tetapi, tiga
puluh pengendara mobil masih melanggar. Petugas kemudian melakukan penggembokan
ban kendaraan yang parkir di jalan protokol itu.
D. Walaupunada larangan parkir, para pengendara mobil masih melanggarnya. Petugas kemudian menggembok ban mobil mereka.
Jawab:C
Pembahasan:jawaban C lebih mencakup semua point yang ada di
soal dan kalimatnya lebih padu.
MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN KATA,KALIMAT,DAN
KETIDAKPADUAN PARAGRAF
MEMPERBAIKI
KESALAHANPENGGUNAAN EJAAN
40.Penduduk desa Makmur mulai berkarya di
sawah. Mereka akan menumbuhkan padi. Karena musim
penghujan
sudah hadir Mereka
berharap panen tahun ini lebih baik.
Perbaikan pilihan kata yang digarisbawahi pada
paragraf tersebut adalah ....
A membajak, menanamkan, ada
B. membajak, bertanam, ada
B. membajak, ditanam, datang
D. membajak, menanam, dating
Jawaban:D
Pembahasan:karena kata berkarya,menumbuhkan,hadir
tidak efisien penggunaannya .jawaban D lebih tepat untuk mengganti kata
tersebut
MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA
41.Baru saja Ajisaka menenangkan, pintu rumah terbuka. Perdana
Menteri beserta para punggawanya menghardik. "Cepat
kalungkan bunga ini? Besok pagi harus pergi ke istana! Perdana Menteri
melempar bunga ke pangkuan Nyi Sumbi. Namun dengan sigap, Ajisaka
menangkapnya.
Dari paragraf di atas kalimat yang salah
penggunaan tanda bacanya adalah ...
A.Pintu rumah terbuka.
B "Cepat kalungkan bunga
ini?"
C. "Besok pagi harus pergi ke istana!"
D. Dengan
sigap, Ajisaka menangkapnya.
Jawaban:C
Pembahasan:seharusnya setelah
frasa pergi ke istana ada tanda seru kemudian
diberi tanda (,).
Penelusuran yang terkait dengan Teks Tantangan
- contoh teks tantangan beserta struktur dan unsur kebahasaannya
- jenis-jenis teks tantangan
- tujuan teks tantangan
- contoh soal teks tantangan
- struktur teks tantangan brainly
- contoh teks tantangan panjang
- jelaskan isu isu atau masalah dalam teks tantangan
- perbedaan teks tantangan dan teks tanggapan kritis
Post a Comment