Contoh Soal Ips Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya
Table of Contents
Tes pilihan ganda (
Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki
jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai
lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban
tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan
juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda
memiliki karakteristik sebagai berikut.
- Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
- Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
- Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.
Kemampuan Yang diukur oleh Soal Pilihan Ganda
Soal
pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall,
knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan
analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan
evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai
perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
- Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes
yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang
mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap
tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di
tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
- Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes
ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah
dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi
yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan
informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan
dan lain lain.
- Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika
dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat
menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan
mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan
(aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau
proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat
menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang
diajukan.
- Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis
merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis
menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan
sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa
harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan
deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal
yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai
satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
- Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis
merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi.
Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan
kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta,
unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau
genealisasi).
- Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes
(pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan
kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila
pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai
dengan baik.Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar
atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa
berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang
jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa
sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.
Petunjuk :
- Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
- Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
- Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlahsoal kurang;
- Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
- Pilihlahsalah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
- Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
- Periksalahseluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas
Di Blog ini anda akan Menemukan Banyak Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPS Terpadu, Latihan Soal Penilaian Tengah Semester 2019: IPS Kelas IX, Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs, PG dan Essay 2020 ,Semester 1 & 2, Contoh Soal Ips Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013, Soal IPS Kelas 9 SMP/MTS 2020 dan Kunci Jawabannya, Soal Penilaian Harian 1 IPS Kelas 9 Semester Ganjil, Latihan Soal UTS IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013, Kumpulan Soal IPS SMP Kelas 9 Semester Ganjil, Soal dan Kunci Jawaban PTS IPS Kelas 9 Semester Genap, latihan soal pas ips kelas 9 smp/mts semester 1 kurikulum 2013, soal ips kelas 9 semester 2, soal ips kelas 9 bab 3, dan jawabannya, soal ips kelas 9 beserta kunci jawaban,soal uts ips kelas 9 semester 2 dan jawabannya, soal ips kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018, soal essay ips kelas 9 semester 2, soal uas ips kelas 9 semester 1 ktsp dan jawabannya, soal ips kelas 9 bab 2, dan jawabannya dan Masih Banyak Lagi Semoga Bermanfaat.
Post a Comment